Monday, December 19, 2016

What's up SDGs?

oleh: Alifa Shalsabilla Rizkia Q. 

         Apa kabar SDGs? Tetapi sebelumnya, apakah kalian mengenal SDGs? 

Sustainable Development Goals (SDGs) adalah tujuh belas pencapaian dalam agenda pembangunan oleh Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemaslahatan kehidupan manusia dalam kurun waktu yang telah ditentukan. SDG merupakan pencapaian lanjutan dari Millennium Development Goals (MDGs) yang mulai dilaksanakan sejak tahun 2000. SDG sendiri mulai diterbitkan sejak 21 Oktober 2015 dan menjadi agenda pembangunan negara-negara yang menyepakati hingga tahun 2030. 

Tujuh belas pencapaian beserta beberapa perkembangan dari pencapaian tersebut adalah:

1 Pemberantasan kemiskinan. Mengakhiri kemiskinan dalam segala bentuknya di semua tempat. Perkembangan dari pencapaian pertama ini adalah terjadi penurunan dari 28% (tahun 2002) menjadi 10,2% (tahun 2015) pekerja di dunia dengan penghasilan kurang dari $1.90 per hari.

2 Pengentasan kelaparan. Mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan perbaikan nutrisi, serta menggalakkan pertanian yang berkelanjutan. Perkembangan dari pencapaian ini adalah secara global, angka prevalansi kelaparan menurun dari 15% antara tahun 2000 sampai 2002 menjadi 11% antara tahun 2014 sampai 2016. 

3 Kehidupan yang sehat. Menggalakkan hidup sehat dan mendukung kesejahteraan untuk semua usia. Perkembangan dari pencapaian ini adalah maternal mortality ratio atau angka kematian ibu hamil yang menurun sebesar 37%. 

4 Pendidikan berkualitas. Menjamin pendidikan yang adil dan berkualitas, serta mendukung kesempatan untuk belajar dengan stabil disepanjang hidup untuk semua orang tanpa kecuali. Pada pencapaian ini, penyelesaian pendidikan dasar di negara maju dan negara berkembang telah melebihi angka 90% pada tahun 2013.

5 Kesetaraan gender. Mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua perempuan. Perkembangan dari pencapaian ini dapat dilihat dari secara global, partisipasi perempuan dalam parlemen meningkat menjadi 23% pada tahun 2016. 

6 Air bersih dan sanitasi. Menjamin akses atas air dan sanitasi untuk semua. Perkembangan dalam pencapaian ini ditandai dengan meningkatnya populasi dunia yang menggunakan fasilitas sanitasi yang telah berkembang, dari 59% (tahun 2000) menjadi 68%.

7 Energi Yang Bersih dan Murah. Menjamin akses pada energi yang murah, dapat diandalkan, berkelanjutan dan modern untuk semua. Pencapaian ini berkembang dengan ditandai konsumsi dan pemanfaatan energi terbarukan   (energi panas bumi, energi panas matahari, energi angin, energi air, dan lainnya) secara global yang meningkat dari 17.4% pada tahun 2000 menjadi 18.1% pada tahun 2012. 

8 Pekerjaan yang layak & pertumbuhan ekonomi. Mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan untuk semua, dimana terdapat pekerjaan yang layak bagi yang membutuhkannya. Perkembangan pada pencapaian ini dapat dilihat dari peningkatan produktivitas tenaga kerja yang juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Produktivitas tenaga kerja rata-rata meningkat sebanyak 6.7% per tahun di negara-negara Asia Timur. Di negara berkembang terjadi peningkatan GDP yang lebih besar dari negara maju yaitu 3.1% di negara berkembang dan 1.3% di negara maju pada tahun 2014. 

9 Industri, inovasi, infrastruktur. Membangun infrastruktur yang tahan perubahan, mendukung industrialisasi yang berkelanjutan, dan membantu inovasi. Perkembangan pencapaian ini ditandai dengan meningkatnya sumbangan nilai tambah dari industri-industri kecil di negara berkembang, yaitu 15% sampai 20% .

10 Mengurangi kesenjangan. Mengurangi kesenjangan dalam sebuah negara dan antara negara-negara. Mengurangi kesenjangan antar negara-negara dapat dengan bantuan pembangunan oleh negara-negara maju kepada negara-negara berkembang dan juga dengan meningktakan Pendapatan Nasional Bruto (PNB). 

11 Kota kota dan komunitas yang berkelanjutan. Menciptakan kota-kota yang aman untuk semua, tahan terhadap perubahan, dan berkelanjutan. Pembangunan perkotaan yang berkelanjutan dan terkoordinasi dimulai dengan adanya kebijakan nasional dan rencana pembangunan regional. Pada tahun 2015, 142 negara telah memiliki kebijakan perkotaan nasional. 

12 Konsumsi dan produksi yang bertanggung-jawab. Menjamin konsumsi dan mendukung pola pola produksi yang berkelanjutan. Termasuknya adalah dengan mengadakan Konvensi Basel, dan jumlah peserta yang tergabung dalam konvensi tersebut meningkat secara signifikan antara tahun 2002-2015, dengan jumlah 183 peserta pada saat ini.

13 Beraksi untuk iklim. Mengambil langkah & tindakan darurat yang diperlukan untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya. United Nations Framework Convention on Climate Change yang ditanggapi oleh negara-negara merupakan suatu upaya untuk mengatasi isu-isu lingkungan yang berkaitan dengan perubahan iklim. 

14 Kehidupan bawah air. Melestarikan dan menjaga sumber daya laut untuk pembangunan yang berkelanjutan. Antara tahun 2000-2016 tempat perlindungan keanekaragaman hayati di laut telah meningkat dari 15% menjadi 19%.

15 Kehidupan di darat. Melindungi mengembalikkan, dan mempromosikan kegunaan berkelanjutan dari ekosistem makhluk hidup, pengaturan hutan yang berkelanjutan, memerangi disertifikasi, memberhentikan dan melestarikan degradasi daratan, dan memberhentikan kepunahan keanekaragaman hayati. Global net loss menurun dari 7,3 juta hektar per tahun pada tahun 1990an menjadi 3,3 juta hektar pertahun antara tahun 2010-2015. 

16 Perdamaian, keadilan, dan institusi yang kuat. Mempromosikan masyarakat yang damai dan inklusif  untuk pembangunan berkelanjutan, menyediakan akses terhadap keadilan bagi semua dan membangun institusi yang efektif, akuntabel dan inklusif disemua tingkatan. Perkembangan dari pencapaian ini dibuktikan dengan proporsi dari negara-negara dengan lembaga nasional Hak Asasi Manusia menjadi dua kali lipat selama lima belas tahun terakhir. 

17 Firma untuk pencapaian. Memperkuat implementasi dan menghidupkan kembali kemitraan global untuk pembangunan yang berkelanjutan. Dengan meningkatkan dukungan untuk negara-negara berkembang dan negara-negara yang kurang berkembang. 

Pemaparan diatas adalah perkenalan singkat tentang SDGs dan juga perkembangan SDGs secara singkat, karena SDGs merupakan agenda penerus MDGs maka kedua hal tersebut berkaitan. Untuk mengetahui SDGs serta perkembangannya lebih lanjut silahkan kunjungi official website di https://sustainabledevelopment.un.org. Mari berkontribusi secara langsung maupun tidak langsung untuk kesejahteraan dan kemaslahatan umat manusia! c: 


DAFTAR PUSTAKA


3 comments:

  1. orang indonesia masih banyak yg belum mengetahui hal ini sehingga partisipasi indonesia dalam mewujudkan sdg masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara - negara lain

    ReplyDelete